Binance Juga Memanfaatkan Programmatic SEO | SeedSteam | Blog La Acun

Binance Juga Memanfaatkan Programmatic SEO

Dari blog baru yang belum terkenal hingga situs yang populer dengan brand yang terkenal di dunia internasional, suda banyak yang memanfaatkan produksi konten dengan strategi Programmatic SEO.

Salah satunya adalah Binance.com yang merupakan exchange tersentralisasi terkenal di dunia.

Tahu dari mana saya kalau Binance menggunakan Programmatic SEO?

Sederhana saja.

Sama dengan bagaimana saya menjelaskan tentang coinbase.com sebelumnya.

Coba saja menggunakan kueri "how to buy" site:binance.com di Google.

Binance.com memanfaatkan Programmatic SEO
Indeks konten programmatic SEO Binance.com di Google.

Jika memeriksa pada halaman 2 dan seterusnya hasil penelusuran Google, anda akan bisa melihat bahwa cara membeli koin dan token kripto yang dipublikasikan oleh Binance.com hanya berbeda judul artikelnya pada nama aset dan juga deskripsi penelusuran tiap halaman yang terkait.

Coba saja misalnya buka beberapa halaman cara beli aset yang masuk dalam daftar kripto top 200 atau secara acak tapi sudah terdaftar di Binance untuk diperdagangkan.

Isinya panduannya hampir 100% hanya akan berbeda pada variabel nama aset yang dibahas.

Entah masing-masing halaman akan berisi grafik perdagangan dari masing-masing aset atau tidak, yang jelas tahapan membeli asetnya itu ya sama saja.

Inilah kelebihan programmatic SEO.

Dengan hanya berbekal 1 artikel, maka tulisan tersebut bisa dijadikan template untuk artikel lainnya selama ada variabel data dan informasi yang jadi pembeda.

Variabel pembeda yang digunakan oleh Binance utamanya adalah nama aset. Dan itu yang tergambar dalam judul serta deskripsi tiap-tiap postingannya.

Kalau berbicara tentang tingkat plagiasi konten antar-artikel dalam situs yang sama seperti yang diterapkan oleh Binance ini, gak perlu dihitung pun hampir bisa dipastikan mirip lebih dari 50%.

Tapi cukup logis bahwa hal ini akan sangat bisa menghindari terjadinya kanibalisasi kata kunci karena kata kunci yang ditargetkan dari konten hasil programmatic SEO selalu berbeda karena adanya variabel pembeda sebagaimana yang saya sebutkan.

Juga, peluang untuk diindeks oleh mesin pencari juga tak kalah besarnya dengan artikel lainnya yang memiliki tingkat keunikan dan originalitas yang tinggi.

Seperti contoh hasil screenshot saya di atas. Ada ribuan konten yang sebenarnya mirip namun hanya beda di variabel utamanya saja yaitu nama aset.