Cara Tambah Baris Kosong di Spreadsheet Diantara Baris yang Ada Isinya | SeedSteam | Blog La Acun

Cara Tambah Baris Kosong di Spreadsheet Diantara Baris yang Ada Isinya

La Acun - Kalau hanya menambah baris kosong secara manual (satu-satu) di Spreadsheet, itu hal yang biasa.

Tapi bagaimana jika ingin menambah baris blank diantara baris yang sudah terisi data (ada isinya) sebanyak yang dibutuhkan misalnya ada ratusan atau ribuan baris?

Kalau menggunakan cara yang biasa, maka akan sangat membutuhkan banyak waktu.

Misalnya saja dalam mengelola blog ini.

Sebelumnya, saya membuat tabel daftar URL publikasi blog ini untuk yang terdiri dari URL asli dan juga URL versi mobile.

Karena adanya rencana migrasi platform blog di masa depan, maka otomatis saya akan membutuhkan semua versi URL blog ini untuk kebutuhan redirect 301.

Termasuk juga redirect domain jika memang haris saya ganti. Tentu saja.

Akhirnya tabel daftar URL semua versinya saya satukan dalam bentuk kategori yang bisa saya pahami.

Begitu juga rencana pembuatan URL tujuan pada domain baru nantinya.

Contoh atau ilustrasi tabel di Google Spreadsheet dengan menambahkan baris kosong diantara baris yang sudah ada isinya itu bisa anda lihat pada gambar berikut ini.

Cara membuat baris kosong diantara baris lainnya

Jika anda tertarik membuat tabel yang sama, silahkan ikuti panduan sederhana ini.

Cara tambah baris kosong di Spreadsheet diantara baris yang sudah ada isi (datanya)

Panduan ini juga bisa anda terapkan untuk mendapatkan hasil yang sama dengan menggunakan Microsoft Excel.

Soalnya menu dan metode yang digunakan sangat mirip.

1. Buat kolom tabel baru berisi baris nomor

Jika misalnya jumlah baris kosong yang akan dibuat diantara baris lainnya yang sudah berisi data ada 100 baris, maka silahkan buat judul kolom baris tersebut dengan judul No atau Nomor.

Membuat kolom nomor berisi baris nomor sesuai kebutuhan data

Kemudian, isi nomor dari tiap baris sejumlah tabel yang ingin ditambahkan seperti gambar di atas.

Kalau misal nomornya diketik satu-satu terlalu repot, pakai saja formula SEQUENCE seperti pada video di bawah ini.

Ingat ya, jika tujuannya adalah ingin menambahkan 100 baris diantara baris yang sudah ada isinya, berarti kolom nomor tersebut juga harus berisi angka dari 1-100.

Jadi jumlah baris nomornya itu harus anda sesuaikan dengan kebutuhan jumlah baris yang ingin anda tambahkan nanti.

2. Copy-paste baris nomor

Pada langkah pertama, anda sudah membuat kolom berisi 100 nomor (baris).

Tahapan kedua adalah dengan menyalin semua baris nomor dari 1-100 dengan cara melakukan blok (memilih, seleksi) semuanya kemudian disalin (copy).

Setelah itu, pergi ke baris paling bawah dari nomor baris yang ada lalu tempelkan tepat dibawahnya.

Menyalin dan menempelkan baris nomor di Spreadsheet

Pada tahap ini, anda sudah memiliki 1 kolom nomor berisi 200 baris yaitu 100 nomor baris pertama dan 100 sisanya adalah hasil duplikat yang baru saja dilakukan.

Sampai tahap ini, anda tidak perlu melakukan apapun pada kolom dan baris data (cell) lainnya.

Cukup fokus pada kolom dan baris nomor saja.

3. Aktifkan filter pada semua kolom dan baris

Silahkan seleksi semua kolom dan baris dari atas hingga bawah supaya kita bisa mengaktifkan filter pada semua cell yang nantinya akan disortir pada tahapan selanjutnya.

Jadi, karena tabel yang saya buat sudah memiliki 200 nomor, maka semuanya itu diseleksi termasuk bagian kolom dan baris yang kosong.

Menyeleksi semua cell untuk di filter

Setelah semua sudah diseleksi, langsung pilih pengaturan tabel dengan membuka ikon tanda titik-3 lalu pilih Create a filter.

Sesaat setelah itu, maka anda akan melihat bahwa tampilan judul tabel sudah tersedia filter data yang dibutuhkan dengan ditampilkannya ikon filter berupa 3 garis horisontal.

4. Sortir pada kolom nomor

Silahkan buka opsi filter pada judul kolom Nomor dengan melakukan klik atau tap pada ikon filter lalu lakukan sortir pada baris nomor yang ada dengan mengurutkan angkanya dari yang terkecil ke tertinggi.

Menyortir nomor tabel dari terkecil ke terbesar
Pilih opsi A>Z untuk mengurutkan nomor tabel dari kecil ke besar.

Ingat, tadi kan angkanya diduplikat (copy-paste).

Jadi hasil sortir baris nomornya juga akan menampilkan urutan nomor yang ganda (double).

Juga, baris nomor hasil duplikat akan terurut secara otomatis dimana baris pada kolom lainnya tidak memiliki isi (kosong, blank).

Baris dan kolom kosong selain pada Nomor itulah yang anda butuhkan bukan?

5. Menghapus kolom Nomor

Tahap ini adalah langkah terakhir yang sifatnya opsional.

Bisa anda ikuti atau juga lewati saja jika memang tidak dibutuhkan.

Kalau saya sendiri dalam membuat tabel, ada kalanya tidak membutuhkan nomor baris tabel sama sekali.

Oleh karena itu, kolom Nomor beserta baris dibawahnya bisa anda pilih untuk dihapus jika memang tidak dibutuhkan lagi.

Minimal untuk merapikan nomor yang duplikat agar tidak muncul.

Dan kalau tetap butuh kolom nomor ini, anda bisa membuat urutan nomornya ulang seperti pada langkah-1 di atas.

Panduan Spreadsheet lain: Cara Agar Link Tidak Aktif di Spreedsheet

Yang penting sekarang, anda sudah bisa menambahkan baris kosong diantara baris yang ada isinya dan tersebar di semua kolom yang anda butuhkan.